Majas Personifikasi

Gak cuma di dalam jepret2 saja kita bisa bergaya, dalam menulispun kita bisa juga bergaya lho… ;).

Gaya dalam bahasa sering disebut sebagai majas. Dengan majas ini kita dapat memanfaatkan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk efek tertentu. Mungkin kalo hasil tulisan(cerpen, gurindam) adalah karya desain maka majas adalah efek2 seperti blur,noise,render yang digunakan untuk membuat karya desain sehingga karya desain tersebut tampak eye catching. Hehehe..

Untuk jenis majas itu sendiri juga beragam ada majas perbandingan,majas sindiran,majas penegasan majas pertentangan. Salah satu majas perbandingan adalah personifikasi atau penginsanan. Personifikasi itu mengungkapakan sesuatu yang tidak bernyawa atau mati selayaknya seperti manusia.Misalnya ni:

  1. Motorku mulai menjamah aspal, melaju dengan kecepatan 40km/jam mengarah  ke Jl. Adi Sucipto (yang seharusnya menjamah siapa hayoo..   masak motor ;) )
  2. Angin mendesah, mengeluh dan mendesah kembali. Hatiku bergetar karena rasa takut (Apakah angin bisa mendesah?? )
26 thoughts on “Majas Personifikasi

  1. Hempasan agin menarik narik walau badaikan kan datang.Terisak sepi sendiri tanpa arti ohlirih aku.
    jadi kadang maknanya ga bisa satu bait satu bait tapi juga hubungan kata dengan bait lainya.

  2. Pingback: Hiperbola ohh Hiperbola..! « Goresan Tinta Sepanjang Masa

  3. Terima kasih sebelumnya .
    Saya vhievhi murid kelas VII SMP.
    Saya ingn minta berbagai mcm cntoh gaia bhs atau majas .
    Boleh . ?
    tLg krmkan ke alamat E-mail saya iea . .

  4. Pingback: 2010 in Review « Bahasa adalah Budaya Bangsa

  5. aku inget waktu SMP kls satu aku dimarahin hehehehe….gara2 g’ tau apa pengertian dari majas personifikasi…!!!

  6. maksii yaa,,
    nii brguna bgd,,
    kmaren pas dii skull d sruh xbutin cntoh mjas2,,
    akk.a bngong,,
    gak ngrtee mo njawab app,,.
    gak pu.a idee seh,,.
    mka drii tuu dpt pR khusus dre gru trcntaa,.
    yaah nseb dahh,,.
    hahhahaha,..

  7. hore…akhirnya aku dapat deh majas..akhir minggu aku ini sudah sterss gara-gara guruku beri tugas dan ini semeter genap.deg-deg-degan nih aku bakal naik kelas atau tidak.dunia sudah canggih daripada buka yang tidak diinginkan lebih baik buka pelajaran di sini.jadi lebih bermanfaat nih ^^
    thank muchh…
    yang punya twitter follow me di @fairythika.

  8. bagus.. tapi guru saya suruh cari contoh personipikasi persi sundanya (gaya basa mijalma).. saya bingung nyari gak ketemu”

Leave a Reply

