Ruh dan Nyawa Sebuah Tulisan

Hari ini aku mencoba untuk memposting tentang hal yang terpendam dalam sebuah tulisan, semoga postingan ini berguna…, memberikan pelajaran buat aku dan pembaca. Langsung saja yahh…biar gak panjang2x, capek kalo baca postingan panjang2x ya kannn???. hehehe..

Masih inget kan dengan novel Ayat-ayat Cinta atau mungkin novel Laskar Pelangi yang begitu booming di Nusantara bahkan di luar negeri pula. Novel tersebut kental sekali hingga membawa kita kepada dimensi perubahan. Loh ya??? Masak sih…😀 begitulah survei yang aku lakukan. Banyak terjadi perubahan pemikiran baik itu dari positif ke negatif ataupun sebaliknya setelah person membaca novel tersebut. Novel2 lain selain itu juga banyak lohh  yg kaya akan imajinatif, semnagt, religi, sosial ataupun kebudayaan.

Bagaimana kok sampek booming seperti itu?? Dari hasil baca di rumahdunia, bahwa untuk menjadikan sebuah tulisan itu bener2 bernyawa dan mempunyai ruh yang maha dahsyat hingga mampu merubah pemikiran ataupun jiwa seseorang, tulisan tersebut ssebelumnya mengalami proses real(kejadian yang sebenarnya), wawasan, semangat, emosi, logika dan teknik dalam penulisan. Wee…. sangar!! “Rangkaian kata2 lo rek bisa memberi semangat, mengubah jiwa kayak gitu!!!” Gak main2x ruh dalam tulisan itu bisa menular looh…. misal nie kita membaca buku yang isinya banyak gebrakan semangatnya pasti kita yang baca juga akan bersemangat, punya imajinatif semnangta tinggi ya nggak😀.

Kalo menurut aku pribadi ce, teknik menulis itu adalah nomor dua, pengalaman yang penuh dengan penjiwaan baik itu penjiwaan semnagt, cinta, kesedihan,kegembiraan kalau kita goreskan dengan kata-kata yang indah pasti akan menularkan jiwa yang sama kepada pembaca. 😀 ya gak sihh😛

4 thoughts on “Ruh dan Nyawa Sebuah Tulisan

  1. rhee…ini sebenernya bukan comment ini….
    abisan ga ada shout box nya..

    i just wanna say…
    you’ve been tagged by me..!!see my site😉

  2. Menurut aku, tulisan yang cool gak harus dialami sungguh2. Ada penulis emang yang jago banget merangkai kata dan kalimat yang output wuih ciamik banget.
    Pernah baca The Alchemist-nya Paulo Culhoe….keren banget.—> aku tersindir banget.

    Anyway, keep writing!

  3. Pingback: Tulisan Yang Cool « Goresan Tinta Sepanjang Masa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s