Aku, Anak Matahari

aku-anak-matahariIni adalah buku yang baru saja aku beli, kira-kira satu bulan yang lalu. Judulnya adalah “Aku, anak Matahari” lagi lagi buku yang aku beli adlah buku karangan Gola Gong. Setelah membaca buku beliau yang berjudul “Menggenggam Dunia”, aku jadi gandrung dengan buku-bukunya yang lain.

Buku ini merupakan memoar pendidikan keluarga yang impresif. Sangat menarik sekali buat disimak…., bagaimana semangat beliau untuk tetap berjiwa seperti orang normal meskipun tangannya maaf “hilang satu” karena harus diamputasi. Gola Gong mengalami kecelakaan waktu kecilnya. Ibu dan Bapaknya mendidiknya untuk menjadi seorang yang tetap percaya diri sepenuhnya… bahwa tangan buntungpun tak kan kalah dengan meraka yang bertangan lengkap.

Allah memberikan beban sekaligus menciptakan pundaknya. Allah SWT memberikan kita masalah dan kesulitan berupa apapun, yakinlah bahwa hal itu sudah diukur sesuai dengan batas kemampuan kita.

Ada juga beberapa puisi yang manis dalam buku tersebut, berikut puisinya:
Ada katak dalam tempurung
Dia merasa sudah melihat dunia
Ada anak datang dari kampung
Dia merasa sudah menaklukkan dunia
Padahal, cakrawala membentang luas
Menantang untuk kita arungi
Dengan atau tanpa perahu
Karena menjadi seorang pelopor
Di tentukan keberanian kapan memulainya!

Menjadi seorang pelopor itu sulit, bahkan sangat sulit… butuh keberanian dan nyali yang sangat besar, ilmu dan wawasan adalah pendukungnya. Pelopor adalah mewujudkan dari yang tidak ada menjadi ada.

Image from: rumahdunia.net

15 thoughts on “Aku, Anak Matahari

  1. wah Penikmat Buku2 Gola Gong Juga Yah,Aku Mengenal Gola Gong Saat Kuliah ketika membaca Balada Si Roy ,sangat Terlambat memang,Tapi setelah itu Aku sangat terkesan dg karyanya yg sering berisi kritik sosial. Aku Anak Matahari Keluar Setelah The Journey dan Cinta Seluas Samudera MU.
    Salam Kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s