Hiperbola ohh Hiperbola..!

Melanjutkan postingan yang kemarin aja ach…! hehehe😀. Kali ini aku ingin membahas tentang majas hiperbola. Oh ya teman-teman, beberapa buku-buku yang saya baca n kebetulan itu buku yang bagus serta best seller selalu menjunjung tinggi namanya majas hiperbola.

Beberapa buku yang saya baca dan kental sama hiperbola antara lain seperti buku-buku Raditya Dika. Kalo menurutku sih, hiperbola yang dipakai si Radith ini kadang2 sampai tidak masuk akal sangatt.. (ya iyalahh… namanya juga HIPER gt :P), tapi itulah cirikhasnya. Kemudian buku yang hiperbolanya unik  yaitu buku-buku Andrea Herata.  Uniknya adalah hiperbola yang dia pakai selalu menyangkut ke hal-hal yang ilmiah, mungkin karena background dia orang yang terpelajar dan semangat sekali dalam masalah menuntut ilmu.

Hiperbola itu apa sih?
Hiperbola dalam bahasa yunani adalah huperbola. Huper itu sendiri artinya di atas, melampaui, terlalu dan Ballo artinya melempar.

Sedangkan Majas Hiperbola itu apa?
Majas Hiperbola adalah cara pengungkapan dengan melebih-1ebihkan kenyataan sehingga kenyataan itu menjadi tidak masuk akal.

Seperti apa Majas Hiperbola itu?

  • Hatiku hancur mengenang dikau, berkePing-kePing jadinya.
  • Ombak setinggi gunung menghantam rumah-rumah dan menghanyutkan ribuan manusia. Dan orang-orang Aceh kehabisan airmata karena sedih oleh musibah tsunami itu.

21 thoughts on “Hiperbola ohh Hiperbola..!

  1. Permisi, numpang tanya neeh…:
    /1/ Majas hiperbola boleh gax digunakan dlm bahasa formal, ilmiah?
    /2/ Kalo boleh, minta contohnya donK. Kalo gax boleh, apa alesannya.
    Terima kasih atas jawabannya, kalo berkenan, he.he..

  2. … ombak setinggi gunung, bisa saja lho..itu saking tingginya dan tidak terukur oleh meteran normal. Dan di Aceh, itu fakta, seperti juga saat badai terjadi di tengah lautan. Ombak setinggi gunung atau lebih tinggi dari tiang yg tertinggi di kapan itu, memang terjadi… apa itu masih berupa majas hiperbola?

  3. Weu banyak pertanyaan nie…
    @abula45 : menurutku sih tidak boleh ya, untuk bahasa formal yang digukan bahasa standart.Why? kurang sopan kalo mengguankan bahasa yang terlalu hiperbol gt.. mungkin ada yang mau nambahin.

    @kucingkeren : kalo hal yang di umpakan sudah melampaui batas yang umum, saya rasa itu hiperbola. Stunami adalah hal yang tidak umu mbak.

    @achoey : lebay…….. hihihi hiperb gak ya… hiperb dech kayaknya :d

  4. Kamu pasti anaknya cerdas di sekolah, terutama dalam bidang seni dan bahasa, terlihat dari cara menulismu…
    Tetap semangat ya belajarnya…🙂

  5. aduh… Kak, tolongin saya dong! saya dikasih tugas dari school bikin definisi & contoh dari majas hiperbola, tapi harus banyak! kalo bisa, contohnya diperbanyak lagi ya Kak! thanks…

  6. Pingback: 2010 in Review « Bahasa adalah Budaya Bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s