Berbahasa Sambil Ngeblog

Webblog kian marak. Siapa sih yang tidak memiliki webblog/blog di zaman sekarang ini? Mulai dari politikus, artis, karyawan, mahasiswa pelajar semua memiliki webblog. Apalagi didukung dengan koneksi internet yang semakin mudah. Dari kemudahan dan sudah banyaknya orang yang mengenal webblog, kita bisa memanfaatkan webblog tersebut, salah satunya adalah sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia.

Beberapa alasan mengapa saya memilih webblog sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia.

  1. Pasti siswa lebih senang (terutama siswa yang tinggal didaerah atau yang baru mengenal webblog). Hal ini baru bagi mereka dan sekaligus mengenalkan pelajar pada teknologi.
  2. Siswa di arahkan untuk memberikan komentar kepada setiap karangan temannya. Memancing siswa untuk berdiskusi dan aktif dalam proses belajar tetapi kita mengemas dengan cara yang lebih canggih sehingga siswa tidak jemu. Tidak monoton pada whiteboard atau blackboard. Pengajar bisa langsung memoderatori komentar siswa, sehingga siswa tau apa yang dia komentarkan itu benar atau salah.
  3. Komentar-komentar siswa dan guru bisa dijadikan catatan agar tidak mudah lupa😉.

    Tentunya semua tentang diatas menuntut seorang pengajar lebih mengenal teknologi. Fasilitas di sekolah harus lebih memadai.

“membayangkan jika saya menjadi seorang pengajar”😀

18 thoughts on “Berbahasa Sambil Ngeblog

  1. Hmmm…. saya lagi membayangkan saat tiba hari diskusi utk para siswa. Semua datang bawa lappie masing-2 & berdiskusi ttg komentar teman yg lain. Pasti seru karena semua jd bersemangat utk memberi komentar yang bagus.

  2. ah-ha! salah satu alasan kenapa saya nge-blog adalah karena saya yakin, bahwa kemampuan verbal, baca-tulis, kapasitas berdiskusi saya bisa terasah dengan blog. kita jadi terlatih buat menulis tulisan yan bagus, menggunakan istilah-istilah unik dan menarik, membaca tulisan-tulisan baru yang memacu dan memicu kita untuk menulis, dan membuat kita responsif menanggapi postingan dan komentar.

  3. setuju, Ria dah jadi pengajar… ni,
    hanya perlu perbaikan sedikit ttg kata depan “di” dan prefik “di”.
    Silahkan dicari kata “di” pada post ini dan bedakan lah ?
    ps: ngasih PeeR ni:mrgreen:

  4. Setuju tuh, inovatif banget weblog dijadikan media pembelajaran B. Indonesia.

    Tulisan mbak Ria (secara teknis) ada yang mengoreksi tuh oleh mbak/mas cenya95.

    @cenya95: perbedaan kata depan ”di” dan prefik ”di” itu gimana ya?
    Dan kalo dilihat memang ada yg keliru pd penerapan ”di” pada post ini, yaitu: ”di arahkan” –» seharusnya ”diarahkan” dan ”diatas” –» seharusnya ”di atas”, mohon dikoreksi juga kalau keliru.

    Selamat belajar

  5. @infinite : iya betul kata anda… kapasitas berdiskusi terasah. karena dengan koment2 tersebut, merangsang kita untuk berfikir, membuat ide2 yang baru.
    @danfar : terimakasih yahhh.🙂
    @cenya95 : terimakasihh……. terimakasih banyak jarang2 yang ngasih koment ke saya dengan ngasih PR kayak gini.. berarti postingan saya dibaca bener2.😀 terimakasih pak… insyaAllah nanti postingan selanjutnya lebih diperhatikan bagaimna cara penulisan “di”nya. Belum jadi pengajar kok… masih belajar…😉 doain moga cita2 saya tercapai.
    @Abula45 : terimakasih banyak… udah dibantu ngerjain PR😉 selamat belajar juga

  6. yups… fasilitas kudu dipenuhin tuh, tanpa fasilitas yang memadai, murid bakalan jadi kuper, seperti katak dalam tempurung🙂 taunya cuman itu2 saja!
    salam hangat ^_^

  7. Kalau saya murid di kelas bu Ria, asyik juga kayaknya. Nilai saya kira-kira berapa ya bu?😉 Coba tolong dicek juga di bahasamania.blogspot.com

  8. @batikmania : pingin nilai berapa mbakk ??
    @kenanganmu : terimakasih
    @wempi : saya juga gt, masih belajar
    @itman : betull…
    @lics : salam kenal balik mbakkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s