Uang Mahar dan Petuah

“Dulu bapak kerja bengkel di Tulunggung, bengkel sepeda… ngerti dewe kalo di Jawa kira2 berapa dan apa yang bisa dilakukan dengan bekerja seperti itu? Akhirnya Bapak tanya ke temen… ke kang Sukir waktu itu. Kir kalo pingin merantau yang bagus propeknya dmn?, kang Sukir bilang, jangan di Indonesia Timur… keadaannya kacau… sing apik kie neng Kaltim, Bontang paling penak pak To…!!!”

“Berangkatlah saya kesini cah ayu… modal wesi bengkel kuwi..(aku gak tau istilahnya apa).. Nyewa tanah dan tak bangun seadanya… Buat apa kok apik2 wong masih nyewa…., “

————————————————————————-

Saya menelan air liur cegluk….. mulailah saya bercerita tentang masa kecil saya, bahwa apa yang saya raih saat ini tidak diawali dengan proses yang mudah (ria bukan anak pejabat ato konglomerat, anak orang biasa yang lebih suka merakyat hahahaha  😉 ). Ibu dan bapak mengawali rumah tangga dari point Zero… rumah kami dari bambu (gedek) belum punya televisi, kalo mau lihat tv nunut ke tetangga, berapa sie gaji guru saat itu. Motor belalang tempur bertahan hingga aku kelas 2 SMP waktu aku mencoba protes (pak mbok ya ganti motor… malu diejekin temen2 mulu…..Bapak menjawab “lebih malu kalo bapak gak bisa menyekolahkan kamu di sekolah yang Bagus).

Berjualan es, nasi pecel membantu ibu bapak, ato ikut ke sawah memanen pagi….. aku masih menikmati.😉

Pernah pada suatu hari ibu berkata “jika kamu disuruh milih tentang hidup, pilihlah bahwa kamu akan memulai dari bawah. Itu akan membuatmu bijak, bersyukur, jika mengalami kesulitan kamu udah biasa. Jika kamu nanti berada di posisi bawah dalam hidup kamu tidak akan kaget…

Dan bapak kembali dengan ceritanya…..

——————————————————————————

Nduk… bapak itu tidak tamat SD… tetapi bapak memang sungguh2 dan bercita-cita “kalau anak2ku harus lebih maju dari aku” mbiyen Farrel yo tak bilang i gitu.. “Anakmu kudu luwih apik soko awakmu“. Farrel iku mbiyen kecilnya lak pagi gak di bangunin, ndepis (marah/purik) dikamar mandi… tak tanyain kenapa? “La sama bapak gak dibangunin sholat….”

Sebenarnya bapak juga getun (kecewa) cuma hanya bisa sekolah ampe kelas 4 SD. Tetapi nasib e bapak iku… bapak iki wis gaknduwe wong tuwo kawet cilik…. akir e dirumat karo pak dhe.. Pak dhe orang e baik…… tetapi belum sampe tamat SD pak dhe sedo….

Waktu Farrel datang kesini, dia jualan kerupuk sak durunge kerjo saiki….. dia gak pernah tidur di rumah. Aku gak tau dia tidur dimana? ternyata dia tidur di masjid. Temenku yang cerita, pak dhe King. (oalah la iku lak bocah sing gawene turu neng masjid, mueneng…. lak gak ditegur gak  nyopo kuwi anakmu to… bocah kuwi gak nate turu lek….| nyopo awakmu podo karo nyopo demit | dancuk koen…..! ) Yo ngunu kuwi nduk,aku wis biasa dipisuhi karo konco2ku.

Bapak dan saya tertawa cekaka cekiki… hehehhe sampe2 mas mas bengkel menoleh.

Siji maneh sing tak welingi neng Farel, GANTUNGKANLAH SEMUA HANYA KEPADA ALLAH…..  opo se bapak iki, kerjone opo… tapi disambati wong telu, nyekolahke farrel, wiwin, aliph bareng, kuliah neng akper karo akbid kabeh. Tetapi Alhamdulillah….  Allah memberi jalan….

————————————————————-

Aku mulai menyerutup teh UJ yang diambilkan Bapak. hemmm…. batin saya hanya bisa berdehem-dehem….. Allah menyandingkanku dengan orang yang matang dalam hidup. Jiwa bapak mas Farrel seperti jiwa bapak saya sendiri………

“Pak… uang nya saya bawa ya…, sudah sore… saya mau pulang!”

“iyo hooh, gowonen…., lak iso uang mahar e ganjil….”

“injih pak…” pas berarti kemarin di Surabaya beli uang satu rupiah kertas….. (sebagai pengganjil/ bukan pengganjal lho yahhhh)….

One thought on “Uang Mahar dan Petuah

Leave a Reply

