Bontang City Carnival 2013

Bontang City Carnival 2013

Aku Pake Baju Adat Jawa

Ea.. sebelum peluit Oktober disemprit, mari buat tulisan dulu… Mengutip dari fb Gesti… menulis itu membuat rindu… tapi kadang juga Bosen jika yang ditulis itu itu saja…. Menulis majalah dengan bahasa formal membuat lidahku ndak bisa bergerak… Kosa kata ringan seperti ini, banyak jangakuan kata-kata yang dapat kita gunakan. Mungkin akike… harus banyak membaca bahasa formil yang baku (ouhhhh membosankan) …..

Rangkaian HUT Kota Bontang yang ke 14, 12 Oktober 2013 di mulai  dari awal Oktober sebagai persiapan dan 13 Oktober penutupan.

Untuk Bontang City Carnival dilaksanakan pada hari Minggu,13 Oktober 2013… persiapan dilakukan hanya dengan waktu 10 hari saja.  Nentukan tema, costum, pinjem sana sini, cari bahan…. lembur tempel2 tengah malam… hingga semuanya….

Bontang City Carnival kali ini mengusung tema taman, bakau dan burung kuntul perak. Material yang di pakai bisa dari bahan daur ulang.

Dulu waktu masih di jawa, HUT RI pawai adalah hal yang biasa. Tema nusantara, tokoh, profesi… ini anak2 sekolah semua diberdayakan.. jalannya jauh hingga 5 km padahal. Tapi sumpeh gue antusias banget kalo dengan acara yang kek gini dulu. Foto carnaval waktu kecil mungkin masih tersimpan di FB dek titah.. karena satu TK Negeri Kasreman jadi fotonya bareng2

DSC_0644

Salah Satu Peserta Carnival

DSC_0702

Cameramen yang bersiap-siap mengabadikan anak2 yang mengikuti pawai

DSC_0729

Mb VINOT pake Costum Kuntul Putih😀

DSC_0731

Costum Bertema Daun

Ini salah satu costum dari peserta Bontang City Carnival… Makeup dan karakter yang bagus sesuai dengan tema.

Body Paintingnya mantap euy… seperti ini lo make up dan bodypainting carnaval mencolok dan berkarakter…

Ini gambar anak-anak yang antusias banget… Pake cunduk menthul kuning.

Jika di banding BCC I 2012, BCC kali ni peserta mengecil, “kok mengecil” initinya leih banyak tahun kemarin.

Paguyuban yang dulu kreatif menampilkan berbagai macam costum dan model mobil hias, tahun ini banyak yang absen.

Ada singgung2 bilang kalo hadiahnya kurang… capek deh…. Ndak bisa bilang banyak sie… semua disni di nilai uang… bei bahan sederhana yang di jawa 500rb cukup disni bisa 4-5kalinya.

Sebenarnya pada tahapannya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KOTA BONTANG sudah memberikan workshop khusu untuk pembuatan kostum BCC dari awal hingga jadi… tujuanya “MENUMBUHKAN KREATIFITAS, KEMANDIRIAN”

Bahkan pada tahapannya, peserta workshop dirangsang untuk memngeluarkan ide yang bersinggungan dengan tema sehingga nanti bisa di awali bagaimana teknik membuatnya.

Ending “gelemen repot” “ngapain susah2 orang sudah ada dananya, suruh mbuatin saja” miris

Gimana mau semangat sama Bontang Carnival kalo cuma dibuatin. Semua juga bisa kalo kek gt.. Sudah jadi ehmmm kebiasaan atau hukum alam , bahwa kreatifitas muncul ketika seseorang, lingkungan, komunitas dalam keadaan serba keterbatasan. Jangan disalahkan jika di Bontang yang katanya kaya… pada akhirnya kalah sama SDM nya sama yang dari JAWA. La mental e udah kek gt..

Kalo di sono, ikut karnaval seneng, dikerjakan rame2, padahal gak ada judulnya honor dan kalo menang dapat sertifikat doang… tapi itu udah jadi kebanggan. Mengapa? Yang menang biasanya menjadi acuan tahun berikutnya. Perancangnya pasti udah banyak order..Yang make up bakalan laris di acara ngantenan.. kek gt efek sampingnya sosodara..

Disini, ada honornya, makanan full, menang dapat hadiah, yang ikut malah berkurang..😦

Coba kalo diberdayakan efeknya pasti ke banyak hal. Penjahit pada laku di kota BOntang, Toko ornamen manik manik dapat banyak order, yang kelihatan real nie…. loh yaaa banyak manfaatnya to….

Semoga tahun depan BCC lebih baik lagi…. tidurrrr tidurrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s