TEAM itu????

Sebentar bahasan kali ini agak semi menyindor dan mengkritisi. Maaf sebelumnya… hanya menuliskan aspirasi…!!!!.. saya kurang setuju dengan sistem suakelola dengan alasan “BAGI-BAGI dengan rekan kerja yang lain” bukannya pelit rek…. cuma swakelola itu sangat cocok jika punya team IT yang solit.

Team IT yang solid itu seperti apa:???
1. Memiliki leader yang yahut (leader minimal ngerti dan ngeh IT juga, mampu solving problem secara vertikal dan horizontal maksudnya jika ada kendala pada anak buahnya bisa win win solution gitu lohhhh) buka seorang yang masa bodoh “wis… tak serahkan si W si R dia yang lebih tau…”
2. Punya analis handal (analis handal adalah analis yang bener2 bekerja sebagai analis sistem… menganalisa permasalahn… membuat skema program yang nantinya jalannya kak apa… input outputnya kek apa…. design databasenya kek apa)
3. Programmer (Nahhh programmer itu tugasnya yaaa hanya memprogram sesuai dengan design dari sang analis) Misal nie… yang ini nanti inputnya nama, alamat, ttl.. databasenya di db_profil… kalau disimpan langsung melakukan print… Nah tugas programmer itu mencabarkan apa yang dimaksud oleh analis dalam  kode kode program.
4. Ahli Network… aplikasi terutama yang webbase ato berbasis web… butuh ahli network… kalo dulu waktu kita masih pake yang stand alone… koyok sing aplikasi gawe. VB, Dhelpi dan kruenya itu susah buat di share. Tapi sekrang ini adalah hal yang penting.. ahli network tugasnya menyiapkan media (host) tempat program mau di tanam… Nah jika nanti terjadi kesalahan nie… Ada yang komplen nie… “Mas Aplikasinya muncul “bla bla bla htacces cant read” misalkan… dari segi programmer dilihat.. sudah bener gak scriptnya sudah pas gak…. dari segi network juga harus dilirik… change modenya bagaimana dan lain sebagainya…

Pada perjalanannya biasanya seorang analis terbentuk dari seorang programmer… kamu tau kenapa? karena ketika seorang memprogram itu pasti sekaligus menganalisa… PASTI itu..  programmer pada akhirnya akan membaca alur… membaca desain… sehingga terjadilah timbal balik (biasanya saling memberi masukan satu sama lain) antara  analis… programmer… dan ahli network….

Kalo sudah team kek gini,, swakelola… menurut guwehhhh (baca pake gaya fitri tropika yeee…. ^_______^) its GOOD…! bener2 koyok software house….  Perusahaan IT sing profesional :D… semua yang kutulis ini berdasarkan pengalaman gethoooo….. uye uye….

Quote : team itu bukan saling menguasai… bukan yg paling pinter… bekerja sama untuk tujuan atau goal yang samaaa…. ciyehhh bahasakuu…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s