Rekruitment CPNS Bukan Atas Nama Daerah Tetapi NKRI

201393cpns ilustrasi (tribune com pk) bTiada yang tidak sibuk, jika  Badan Kepegawaian sedang punya gawe besar. TES CPNS, ya… lowongan pekerjaan untuk menjadi pegawai negeri tetep menjadi serbuan jobseeker nomor wahid. Tahun kemarin ketika rekrutment di buka secara umum… online secara bebas… banyak sekali pelamar yang datang ke kota Bontang. Jauh – jauh loh, ada yang dari Jawa Barat ada yang dari pulau Sumatera, pulau Sulawesi ada….

Lowongan CPNS sudah tidak lagi menggunakan KTP daerah setempat seperti yang dulu pernah dilaksanakan, tetapi menggunakan KTP Nasional. Maksudnya dari Jatim, Jabar, Jakarta Sumatera, Sulawesi, Bali ,Kalimantan boleh melamar ke Bontang begitu pula sebaliknya. Kenapa demikian? karena recruitment CPNS memiliki filosofi yand dalam “membela NKRI” dimanapun dia bekerja semua untuk Kesatuan Republik Indonesia. Sudah bukan atas nama daerah lagi. “saya kutip dari sambutan Kepala BKD ketika apel pagi”.

Mungkin di antara pembaca ada yang berkomentar :
“Mbak penulis…. jika diberi kebijakan seperti itu… banyak putra daerah yang ndak lolos loh… yang lolos cuma 25%…?” 
CPNS merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan di kota ini. Output dari proses pendidikan, mampu ndak bersaing dengan tenaga-tenaga handal dari luar. Pendidikan itu tidak hanya bertanggung jawab pada “anak mampu sekolah di perguruan tinggi yang berkualitas” saya kira tidak hanya itu saja, tetapi juga kepada mental. Mental siap berjuang… mental tahan banting… mental menjadi pribadi lebih baik…

“Mbak mbak… kalo nanti yang banyak diterima itu pegawai dari luar.. belum mengapdi e.. dia pindah kita kan rugi??”
Saya adalah salah satu pelamar CPNS dari daerah sebrang nan jauh di sono, dan berangkat dengan hati galau. Galau dari apa…. dari banyak hal… punya banyak temen yang akrab juga ditinggal, punya pekerjaan ditinggal… punya dosen kampus yang baik juga ditinggal… orang tua saya tinggal tetapi ibu saya bilang “Ria… ini mengabdi…. bersangkat sekarang.”  Mengabdi untuk NKRI.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s