Softaculous Pemula

Ajigile…. bentar lagi lounching my personal website… ini aku ketinggalan jaman karena males. Bahhh udah berapa taun di dunia perwebsite an… tepatnya dari blog ini di bangun. 2008 an saat bekerja di PT Immediavisi. Sebelumnya jadi animator 2 dimensi. pake flash video audio… 2008 udah kepikir karena terlalu banyak konsep kelindes waktu jadinya mundur mundur kejegur sumur. Bener lo rek… kalo terlalu banyak konsep malah ndak jadi jadi. Konsep sederhana running perbaharui… hingga menjadi sempurna itu lebih baik.

Ceritanya mau ganti theme… wordpress udah di install di server oke. theme oke… cuma masih pingin aku gonta ganti. E…. softaculousnya pake ndak bisa. Oh ya dear temen2 aku punya server sendiri lo… ini server aku sewa and mantenance sendiri. sewanya dari 2010 waktu aku pindah kesini (masa transisi aku lepas kerja dijawa dan pindah ke Kaltim). udah nampung beberapa client yaitu beberapa sekolah di Malang dan perusahaan malah di Bontangnya belum ada. Duhhhhh…. kurang promosi mungkin akunya nie… iya di Bontang channelnya masih minim sekali waktu itu.. kapan kapan akan aku bahas tentang server hostku ya…. teknis mekanisme dan lain sebagainya.

Malam kemarin udah semangad 45 mau install website, softaculousnya ndak bisa….error lisenne. Jadi softaculous itu apa ??? Softaculous is a commercial script library that automates the installation of commercial and open source web applications to a website… nah ini aku copas dari wikipedia.

Ibaratkan gini server adalah almari. website itu orang yang sudah memakai baju lengkap cantik berhias dan yang melihat senang. Maka softaculous adalah baju yang di ambil dari almari(server)… dipasangkan sedemikian rupa sama programmer sehingga yang memakai baju (website) terliht cantik. Jadi tinggal pinter2nya programmer nie buat baju yang kece..enak dilihat.. dinamis kalo perlu (baju dinamis adalah baju yang ada payet2nya… sesuai body).

Seperti apa penampakan softaculous…. ???? mari kita lihat jreng jreng….Nah itu penampakan softaculous.. bagaimana cara mengaksesnya(melihatnya)
1. akses nama domain anda / cpanel (marijan.com/capnel)
2. lakukan login sesuai dengan username dan paswword
3. biasanya softaculous berada pada bagian bawah…

kalo udah pake softaculous ndak perlu lagi setting connect.php atau administrator.php atau wp-admin.php. Mbak mas tinggal pilih mau pake wordpress joomla abantecart drupal dll. Semua ada disini. Tinggal diperdalam ilmunya tentang cms saja. Begitu sharing sedikit saya tentang softaculous untuk pemula semoga ilmunya bermanfaat…. Tarara tiriri… suamiku udah datang…. cihuiiiiii

SOFTACULOUS

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s